Jade 2019, Harapkan Kades dan Lurah Dapat Kelola Bantuan Secara Tepat

Minggu, 29 September 2019 13:24 Dedi Sofwan Desa

Jade 2019, Harapkan Kades dan Lurah Dapat Kelola Bantuan Secara Tepat

 

Koropak.co.id - Bertempat di Pendopo Garut, Jumat (27/09/2019), Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Garut, Aji Sukarmaji, melepas 250 para kepala desa dan lurah se-Kabupaten Garut untuk mengikuti Jambore Desa (Jade) 2019 yang akan berlangsung di Kabupaten Ciamis, pada 27-28 September 2019.

Aji menyebutkan Jambore Desa (Jade) tahun ini merupakan ajang bagi para kades dan lurah untuk berbagi pengalaman atas pencapaian dari masing-masing desa maupun kelurahan sehingga diharapkan nilai plusnya bisa diadopsi.

"Pencapaian prestasi demi kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan desa dapat membawa dampak sosial ekonomi, khususnya di daerah perdesaan. Untuk mencapainya, dibutuhkan kerjasama dan koordinasi seluruh komponen, seperti barter evaluasi dan pencapaian pembangunan," ucapnya, Sabtu (28/09/2019).

 

Koropak.co.id - Jade 2019, Harapkan Kades dan Lurah Dapat Kelola Bantuan Secara Tepat (1)

 

Baca : Banyak Kepala Desa Tak Paham Aturan Kelola Dana Desa

Aji berpesan, para peserta bisa mengedepankan nilai-nilai inovasi untuk menghadirkan desa juara. Termasuk kemajuan di Kabupaten Garut yang merupakan wujud nyata hasil pembangunan desa.

Tak kalah penting, ucap Aji, dalam Jade 2019 para Kades dan Lurah juga melakukan peningkatan pemahaman terhadap keberadaan regulasi yang mengatur desa, terutama menyangkut bantuan keuangan yang terus diterima dalam lima tahun terakhir.

"Dinas ingin Kades dan perangkatnya bisa menggunakan bantuan tersebut secara tepat tanpa menimbulkan persoalan di kemudian hari," katanya.

Aji berharap di Jade 2019, Kabupaten Garut bisa berprestasi seperti pada perhelatan Jade 2017 di Bekasi, kala itu Kabupaten Garut mendapatkan juara pertama dalam lomba arak-arakan.*

 

Baca : Strategi Pengelolaan SDM Dongkrak Kesejahteraan Pegiat UKM Garut