Inilah 13 Puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya Yang Bakal Disurvei

Senin, 30 September 2019 23:29 D. Farhan Kamil Daerah

Inilah 13 Puskesmas di Kabupaten Tasikmalaya Yang Bakal Disurvei

 

Koropak.co.id - Guna peningkatan mutu pelayanan kepada masyarakat, sebanyak 13 puskesmas akan dilakukan penilaian atau survei akreditasi FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) yang bakal dilakukan mulai bulan Oktober hingga Desember 2019.

Ketigabelas puskesmas tersebut adalah Puskesmas Sariwangi, Cibalong, Cisaruni, Cikatomas, Salopa, Jatiwaras, Pancatengah, Bojongasih, Parungponteng, Culamega, Karangjaya, Tinewati dan Gunungtanjung.

"Ini merupakan salah satu bentuk upaya peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat," kata Seksi Mutu Bidang Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tasikmalaya, N. Elih Harlina, SKM., MH.Kes, Senin (30/9/2019).

 

Baca : Pemkab Tasikmalaya Lakukan Inspeksi Ke Setiap Puskesmas

FKTP itu sendiri adalah fasilitas kesehatan yang berperan sebagai penjaga gawang, dimana petugas kesehatan di FKTP mampu menangani lebih dari seratus diagnosa penyakit yang diderita peserta JKN-KIS.

Ditambahkan, pada tahun 2019 ini, dalam rangka meningkatkan sistem pelayanan puskesmas dan peningkatan kinerja di 27 puskesmas yang telah terakreditasi menurut versi Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, telah dilakukan pendampingan pasca survei setiap enam bulan sekali.

"Seperti diketahui, dari 40 puskesmas yang ada di Kabupaten Tasikmalaya, baru 27 puskesmas yang telah terakreditasi," ujarnya.


Baca : Puskesmas di Tasikmalaya Ini Bangun Ipal Untuk Sarana Air Bersih

Dari ke-27 puskesmas tersebut, empat di antaranya terakreditasi pada tahun 2017 yaitu, Puskesmas Manonjaya (dengan hasil penilaian kelulusan: madya), Karangnunggal (madya), Ciawi (dasar) dan Puskesmas Rajapolah (madya).

Sedangkan sisanya atau sebanyak 23 puskesmas, baru terakreditasi pada tahun 2018. Dan dari hasil penilaian tim surveyor Kemenkes RI ada 7 puskesmas yang lolos dengan tipe utama yakni, Sukaraja, Sukarame, Cigalontang, Leuwisari, Singaparna, Jamanis dan Puskesmas Sukaresik.

"Sisanya semua tipe madya. Mudah-mudahan di tahun 2019 ini ada penambahan jumlah puskesmas terakreditasi dengan hasil penilaian yang menggembirakan," ujarnya.*


Lihat : Program Dinas Kesehatan Harus Sinkron Dengan RPJMD


Berita Terkait