Lagi, Eksekutif Dan Legislatif Saling Lempar

Selasa, 01 Oktober 2019 17:11 D. Farhan Kamil Daerah

Lagi, Eksekutif Dan Legislatif Saling Lempar

 

Koropak.co.id - Terkait belum turunnya seluruh anggaran khususnya untuk desa termasuk bantuan dana stimulan untuk Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto mengatakan, masalah anggaran masih cut off, dan saat ini pihaknya menunggu persetujuan DPRD Kabupaten Tasikmalaya terkait hasil evaluasi Gubernur Jabar.

"Masalah anggaran kita akui masih cut off. APBD perubahannya sudah selesai kemudian kita konsultasikan ke Gubernur untuk di-review dan hasilnya sudah turun. Namun kemudian hasil review Gubernur itu kita koordinasikan dengan DPRD dan hari ini kita masih menunggu hasilnya dari DPRD. Jika sudah ada persetujuan DPRD, kita buka cut off-nya alias cut on," kata Bupati seusai melantik 37 penjabat kepala desa di baseman gedung Setda Kabupaten Tasikmalaya, Senin (1/10/2019).

Menurutnya, cut off wajib dilakukan karena terjadi perubahan Struktur Organksasi Tata Kerja (SOTK) pemerintah daerah, sehingga mendorong terjadinya perubahan anggaran yang harus disesuaikan dengan perubahan SOTK atau perangkat daerah.

"Untuk urusan anggaran pada prinsipnya sudah selesai, tinggal kita menunggu persetujuan pimpinan DPRD bukan dari anggota DPRD. Saya tegaskan persetujuan pimpinan dewan. Ya mudah-mudahan segera terealisasi secepatnya, semakin cepat semakin baik," ujarnya.

 

Baca : Sulit Anggaran, Desa-Desa di Kabupaten Tasikmalaya Menjerit

Sementara Wakil Ketua sementara DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Ami Fahmi menegaskan, evaluasi Gubernur sudah diterima dan sudah dibahas bahkan sudah ditandatangani alias disetujui DPRD.

"Kita terima hasil evaluasi Gubernur pada Jumat (27/9/2019) siang. Sudah kita bahas dan kita setujui, tinggal dibawa ke agenda rapat paripurna terdekat," terang Ami.

Pada prinsipnya, setelah ada persetujuan DPRD itu sejatinya tidak ada lagi persoalan atau masalah terhadap pencairan anggaran.

"Jika ada good will pemerintah ya seharusnya sudah tidak ada lagi kendala. Hari ini sudah bisa dilakukan pencairan, adapun soal teknis pencairannya, itu ada di pihak eksekutif dalam hal ini Dinas Keuangan. Kita berharap untuk kepentingan rakyat semua dapat berjalan dengan baik dan cepat tetapi benar," kata Ami.*