Di Ciamis, Bahan Limbah Jadi Potensi Pemberdayaan KPM PKH

Selasa, 01 Oktober 2019 17:22 Opi Supriyati Daerah

Di Ciamis, Bahan Limbah Jadi Potensi Pemberdayaan KPM PKH


Koropak.co.id - Puluhan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) mengikuti pelatihan pembuatan pipiti atau mangkuk bambu di Desa Tanjungsari Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis Jawa Barat yang digelar pada Senin (30/9/2019).

Tujuan digelarnya pelatihan pembuatan pipiti adalah pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan limbah menjadi produk bernilai ekonomi. Hal itu seiring dengan banyaknya bahan pipiti dari sisa pembuatan ayakan yang sayang jika dibuang.

"Sayang kan jika dibuang. Tapi kalau dimanfaatkan dengan diolah jadi pipiti, limbah tadi jadi memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Jelas ini menjadi upaya untuk memberdayakan KPM PKH di Desa Tanjungsari," ujar Endah, pendamping PKH Desa Tanjungsari saat dikonfirmasi, Selasa (1/10/2019).

Sementara itu, Kepala Desa Tanjungsari, Ojo Sutarjo menuturkan sangat mengapresiasi kegiatan pelatihan pembuatan pipiti yang telah memberdayakan warganya yang tergabung dalam KPM PKH.

"Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi warga kami. Jadi, kami mengajak seluruh KPM PKH, khususnya yang ada di Desa Tanjungsari untuk meningkatkan taraf hidupnya melalui pemberdayaan pembuatan pipiti dari bahan limbah pembuatan ayakan," katanya.

 

Koropak.co.id - Di Ciamis, Bahan Limbah Jadi Potensi Pemberdayaan KPM PKH (1)

 

Baca : Dinas Sosial Provinsi Jabar Dukung Pemberdayaan KPM PKH Ciamis

Ojo Sutarjo berharap bukan hanya KPM PKH saja yang dapat mengembangkan pembuatan pipiti namun seluruh warga Desa Tanjungsari dapat membuat pipiti sehingga Desa Tanjungsari dapat menjadi pilot project dalam pembuatan pipiti se-Kecamatan Rajadesa.

Koordinator PKH Kabupaten Ciamis Wilayah Timur, Putri menuturkan dalam pelatihan, diperlukan fokus dan transfer ilmu kepada KPM PKH lainnya yang ingin meningkatkan taraf hidupnya menjadi lebih baik.

"Tak perlu khawatir dalam memasarkan produk pipiti. Optimis hasil pipiti berkualitas baik akan dicari oleh pasar. Tentunya, akan berbuah manis bagi para pengrajin," katanya.*

 

Baca pula : Bupati Ciamis Apresiasi Semarak Gebyar Pesona PKH

 


Berita Terkait