Sangat Minim! Anggaran Pilkades di Kabupaten Tasikmalaya Dipukul Rata

Selasa, 01 Oktober 2019 17:53 D. Farhan Kamil Desa

Sangat Minim! Anggaran Pilkades di Kabupaten Tasikmalaya Dipukul Rata

 

Koropak.co.id - Untuk pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak pada 24 Oktober 2019 mendatang, Pemkab Tasikmalaya mengucurkan bantuan anggaran sebesar Rp 3,1 milyar dengan rata-rata Rp 15 juta per desa dari 211 desa yang menyelenggarakan.

Meskipun kejelasan nilai nominal bantuan anggaran pemerintah sudah ditetapkan, namun hingga kini anggaran tersebut belum juga terealisasi. Akibatnya panitia pilkades yang terbentuk sejak bulan Agustus lalu, mencari cara masing-masing untuk menutupi biaya operasional persiapan pilkades.

"Hingga kini belum ada pencairan. Di sebagian desa, panitia pilkadesnya sangat mungkin melakukan pinjaman ke pihak luar untuk membiayai tahapan persiapan termasuk honor panitia. Untuk di Desa Singaparna, alhamdulillah ada bantuan Rp 10 juta dari APBDes itupun untuk membiayai tahapan saja di luar honor," tutur panitia Pilkades Singaparna, Maman, Senin (1/10/2019).

 

Baca : Anggaran Pilkades Serentak Morat Marit

 

Disamping belum cair, jumlah nominal bantuan pemerintah untuk Pilkades sangat minim jika dibandingkan dengan besaran kebutuhan yang ada.

Kepala Bagian Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Tasikmalaya Nuraedidin mengakui, bantuan untuk Pilkades dipukul rata hanya Rp. 15 juta. Hal itu menyesuaikan dengan ketersediaan anggaran yang dimiliki pemerintah.

Ia juga menyebutkan jika persoalan pencairan masih menunggu proses evaluasi terhadap APBD Perubahan 2019.

"Memang belum cair, karena menunggu evaluasi Gubernur. Mudah-mudahan mudahan minggu ini sudah dapat disalurkan," katanya.*

 


Berita Terkait