Indonesia Jadi Negara Tempat Pertama Lahir Batik

Rabu, 02 Oktober 2019 20:44 Adin Wardini Nasional

Indonesia Jadi Negara Tempat Pertama Lahir Batik


Koropak.co.id - Pada 2 Oktober setiap tahunnya, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Peringatan ini seiring dengan diakuinya batik Indonesia oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2009.

Dalam sejarahnya, pada 13 September 2009 Batik Indonesia didaftarkan agar mendapat status warisan bukan benda atau Intangible Cultural Heritage (ICH) melalui Kantor UNESCO di Jakarta oleh Menko Kesejahtraan Rakyat.

UNESCO menyebutkan, batik tersebut dinilai sebagai ikon budaya yang mempunyai keunikan dari filosofi yang mendalam, serta mencakup siklus kehidupan manusia. Setelah UNESCO resmi menetapkan batik sebagai warisan budaya indonesia, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun meminta agar setiap tanggal 2 Oktober seluruh rakyat Indonesia mengenakan batik.

 

Baca : Permudah Pemantauan Bansos, Menteri Sosial Launching Aplikasi E-PKH

Batik telah berkembang di berbagai daerah yang ada di indonesia. Dalam perkembangannya batik berkaitan erat dengan kesenian lokal, yakni wayang, tarian, dan lagu. Batik juga menggambarkan suasana zaman dan alam sekitarnya.

Batik bukan hanya untuk dipakai dalam busana harian, namun batik juga sering dijadikan kebutuhan adat istiadat serta tradisi yang ada di Indonesia. Bahkhan, kayanya Indonesia akan batik, menjadikan Indonesia dikenal sebagai tempat pertama lahirnya batik.*

 

Baca pula : Permenpar MKK Upaya Tangani Krisis Pariwisata Tanah Air