Sepanjang 2020, KPK Catatkan Ratusan Orang Jadi Tersangka Kasus Korupsi

Koropak.co.id, 10 March 2021 17:42:06
Penulis : Muhamad Eris
Sepanjang 2020, KPK Catatkan Ratusan Orang Jadi Tersangka Kasus Korupsi

 

Koropak.co.id - Komisi Pemberantaan Korupsi (KPK) menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2020, tercatat setidaknya ada 109 orang yang ditetapkan menjadi tersangka kasus korupsi. Diketahui dari jumlah total tersebut, yang terbanyak dari pihak swasta kemudian disusul dengan anggota dewan baik itu dari pusat maupun daerah.

"Dari jumlah keseluruhan penyelidikan yang telah kita lakukan di tahun 2020, tercatat jumlah tersangka korupsi mencapai 109 orang dengan profesi mulai dari anggota DPR hingga DPRD sebanyak 21 orang, kepala lembaga atau kementerian sebanyak 4 orang dan swasta sebanyak 31 orang. Kemudian dari kalangan politikus sebanyak 3 orang, BUMN 12 orang. Setelah itu dari eselon 1, 2 dan 4 dengan masing-masing 10, 19 dan kurang-lebih 7 orang," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango sebagaimana dihimpun Koropak, Rabu (10/3/2021).

 


Baca : Kemensos Dapat Untung 17 Miliar dari Bansos Sembako untuk Terdampak Covid-19

Ia menambahkan, sementara itu, untuk kasus yang menarik perhatian publik, pihaknya menegaskan bahwa hingga saat ini masih dalam proses,"Pada kesempatan ini, kami juga dimintakan untuk memaparkan perkara-perkara yang menjadi perhatian publik. Namun tidak kami sebutkan satu demi satu dan tadi juga sudah disampaikan oleh rekan-rekan lain mengenai beberapa perkara yang menarik perhatian," ujarnya.

Perkara yang dimaksud itu kata Nawawi, mulai dari penanganan Bantuan Sosial (Bansos) virus Corona atau Covid-19, perizinan ekspor benur hingga Harun Masiku. Sementara itu, untuk kasus Harus Masiku, pihaknya pun menyebutkan bahwa saat ini masih dalam pencarian.

"Untuk perkara-perkara yang dimaksud tersebut antara lain penanganan perkara bansos, perizinan benur, ataupun kasus Harun Masiku sampai hari ini, kami masih mencoba perburuan dan belum ketemu juga," ucapnya.*

 


Baca pula : Setelah Kejaksaan Negeri, Kapolri Listyo Sigit Sambangi KPK