Menaker RI Kembangkan 23 Kejuruan dalam Program Vokasi BLK Komunitas

Koropak.co.id, 08 June 2021 23:09:59
Penulis : Muhamad Eris
Menaker RI Kembangkan 23 Kejuruan dalam Program Vokasi BLK Komunitas

 

 

Koropak.co.id - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) RI, Ida Fauziyah mengharapkan 1.014 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang diresmikan oleh Wakil Presiden RI, H Ma'aruf Amin di Pondok Pesantren Cipasung Kabupaten Tasikmalaya, dapat memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahilan vokasi sesuai kebutuhan pasar kerja bagi komunitas, pekerja dan masyarakat umum.

Diketahui peresmian BLK Komunitas sendiri dilakukan secara simbolis di Ponpes Cipasung, Kabupaten Tasikmalaya dan diikuti oleh 50 orang perwakilan lembaga penerima bantuan yang hadir secara luring dan sebanyak 964 orang yang hadir secara daring melalui video conference.

"Keberadaan BLK Komunitas ini kami harap dapat memberikan bekal keterampilan teknis produksi atau keahlian vokasi sesuai dengan kebutuhan pasar kerja bagi komunitas, pekerja, dan masyarakat umum," kata Ida saat mengikuti kegiatan Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan BLK Komunitas Tahun 2020 yang dilaksanakan di Pondok Pesantren (Ponpes) Cipasung Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (8/6/2021).

 


Baca : Wapres RI, Ma'ruf Amin Resmikan 1.004 BLK Komunitas di Ponpes Cipasung Tasikmalaya


Oleh karena itulah, ucap Ida, Kemenaker RI pun telah mengalokasikan program dan anggaran untuk bantuan biaya operasional, serta bantuan program paket pelatihan vokasi. Disamping itu juga, Kemenaker turut menyiapkan program untuk melatih tenaga instruktur dan pengelola BLK Komunitas, agar mampu mengelola BLK Komunitas dengan baik.

"Kami juga telah mengembangkan program pelatihan vokasi di BLK Komunitas menjadi 23 kejuruan mulai dari Teknik Kejuruan Otomotif, Teknik Pendingin (Refrigerasi), Teknik Las (Welding), Teknik Konstruksi Furniture dan Kriya Kayu (Woodworking), Teknik Perkapalan, Instalasi Infrastruktur Telekomunikasi, Elektronika, Teknik Informatika, Robotika, Multimedia dan Desain Komunikasi Visual," ucapnya.I

Ia menambahkan, kemudian juga ada Teknik Pengolahan Hasil Pertanian (Agroindustri), Pengolahan Hasil Perikanan (Fishery Industry), Kesenian, Seni Kriya (Kerajinan Tangan), Teknik Batik, Desain Mode dan Tekstil (Tata Busana), Tata Rias, Bahasa, Perhotelan, Kesehatan Tradisional, Seni Kuliner dan Hubungan Industrial.

"Tentunya sinergitas antara Pemerintah dengan lembaga keagamaan, dunia industri, dan Serikat Pekerja melalui program pembangunan BLK Komunitas ini juga diharapkan mampu menjadi tulang punggung dalam mencetak para pekerja yang siap untuk bekerja," ujarnya.*

 

Lihat juga : Simak Berbagai Video Menarik Lainnya Disini