Oknum Wartawan Peras Pengusaha Bolu Ciamis

Koropak.co.id, 04 June 2019 05:50:36
Penulis : Ahmad Mukhlis
Oknum Wartawan Peras Pengusaha Bolu Ciamis


Koropak.co.id - Satuan Reserse Kriminal Polres Ciamis dan Polsek Ciamis menangkap 6 orang oknum yang mengaku wartawan. Mereka diduga memeras pengusaha bolu rumahan di wilayah Imbanagara, Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis.

Kapolres Ciamis AKBP, Bismo Teguh Prakoso, mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan, modus pelaku adalah menakut-nakuti korban. Pelaku mengancam akan memberitakan pelanggaran yang dilakukan oleh pengusaha bolu rumahan. Salah satunya menggunakan elpiji 3 kilogram dalam proses produksinya.

"Para pelaku memeras korban Rp 2 juta. Kemudian dibagi ke seluruh yang terlibat. Tiga oknum media dan tiga masyarakat," ujar Bismo di Mapolres Ciamis, Senin (3/5/2019).

 

Koropak.co.id - Oknum Wartawan Peras Pengusaha Bolu Ciamis (2)

 


Baca : Media Turut Berperan Ciptakan Kondusifitas

Menurut Bismo, setelah meminta dan menerima uang Rp 2 juta, lalu pada malam harinya kembali menghubungi korban. Menurut para pelaku jumlah uang tersebut masih kurang untuk urus-urus yang lainnya.

"Jadi permintaan awal Rp 2 juta, setelah diberikan malamnya nelpon lagi. Kalau urus-urus ke polisi gimana. Korban takut diliput media," ujar Bismo.

Bismo mengimbau kepada pengusaha jangan takut bila didatangi media. Cek dulu identitasnya. Maksud kedatangannya apa. Kalau wartawan itu meliput ya diterima, kalau meminta uang jangan, apalagi ada maksud tertentu. Juga pengusaha harus tertib administrasi, perizinannya dan lainnya.

Ketua Asosiasi Wartawan Demokrasi Indonesia (AWDI) Ciamis, Dede Surahman mengaku prihatin atas ulah tak terpuji oknum wartawan. Mereka telah menyalahgunakan profesi wartawan untuk kedok pemerasan. Ini jauh dari norma dan etika seorang wartawan.

"Dengan kejadian ini nama wartawan secara keseluruhan ikut tercoreng. Semua wartawan yang profesional pun terkena dampak negatifnya," ujar Dede.*

 


Baca : Wartawan Abal-abal Nodai Citra Jurnalisme